Rias Pengantin Sekar Griya Paes Yogyakarta

Dasar Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta | Rias pengantin SEKAR Griya Paes Yogyakarta

http://www.blogger.com/rearrange?blogID=1030142596014351271&widgetType=PageList&widgetId=PageList1

Jumat, 01 April 2011

Dasar Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta

Dasar Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta ada beberapa macam corak atau tepatnya ada lima corak. Kelima corak tersebut dibedakan oleh fungsi,bentuk busana dan tata riasnya yang masing-masing memiliki ciri sendiri. Corak tersebut meliputi Corak Paes Ageng, Paes Ageng Jangan Menir, Corak Yogya Putri, Kesatrian Ageng, dan Corak Kesatrian. Fungsi tiap corak ini memang berbeda, namun dewasa ini fungsi tersebut seringkali tidak dilaksanakan oleh beberapa sanggar pengantin sebagaimana aslinya,karena kecenderungan sanggar rias pengantin mengikuti kemauan konsumen.Sedangkan untuk mengikuti perkembangan mode,rias pengantin selalu menyajikan yang inovatif dan bersifat modifikasi.
Dasar tata rias pengantin gaya Yogyakarta menurut fungsi,tata busana sebagai berikut:
1. Corak Paes Ageng atau Kebesaran.
Dipakai pada saat upacara Panggih Pengantin yang dikaitkan dengan acara andralina atau pesta resepsi. Busana yang dikenakan adalah dodot atau kampuh lengkap dengan perhiasan khusus.


2. Corak Paes Ageng Jangan Menir.
Dipergunakan untuk upacara boyongan Pengantin putri ke kediaman pengantin pria yang dilaksanakan sehari semalam setelah akad nikah. Busana yang dikenakan adalah baju blenggen atau bordiran,tidak memakai kampuh/dodot,tetapi memakai kain bercorak cinde
3.Corak Yogya Putri
Dipakai pada saat ngundhuh mantu yang dilaksanakan saat sepasaran (lima hari sesudah akad nikah) atau lazim disebut ngunduh se¬pasaran busana yang dikenakan adalah baju panjang bordiran, kain pradan dan selop bordiran.
4. Corak Kesatrian Ageng.
Corak ini juga dapat digunakan untuk ngundhuh sepasaran. Busana yang dikenakan adalah baju panjang yang terbuat dan kain sutera berbunga atau polos, dan selop atau alas kaki polos berwarna hitam.
5. Corak Kesatrian
Corak kesatrian dipergunakan sebagai busana pengantin yang sangat sederhana terdiri dari kebaya panjang dan selop polos.
Demikian Uraian singkat dari Rias SEKAR griya paes Yogyakarta,dari uraian tersebut tampak bahwa corak paes Yogya Putri, corak Kesatrian Ageng dan corak Kesatrian memiliki tata rias wajah dan sanggul yang sama. Ketiganya hanya dibedakan terutama pada tata busananya. Sementara rias pengantin wajah dan sanggul Paes Ageng dan Paes Ageng Jangan Menir juga sama, sedang perbedaan keduanya juga terutama pada tata busananya.
SEKAR griya paes Yogyakarta selalu berkembang dengan berbagai inovasi riasan.Hal ini sesuai dengan komitmen SEKAR griya paes Yogyakarta untuk menyajikan yang terbaik kepada client SEKAR griya paes Yogyakarta.Rias SEKAR griya paes Yogyakarta terbuka atas ide ide kreatif riasan dari anda,ide ide kreatif riasan dari anda akan ditampung oleh SEKAR griya paes Yogyakarta sebagai bahan untuk menyusun trend riasan setiap tahunnya.SEKAR griya paes Yogyakarta menyusun trend riasan pada tri wulan terahir setiap akhir tahun kemudianSEKAR griya paes Yogyakarta melaunching trend riasan untuk tahun berikutnya.Bulan november 2010 Rias SEKAR griya paes Yogyakarta telah melaunching trend rias 2011,maka jangan ragu untuk menghubungiSEKAR griya paes Yogyakarta setiap saat.

1 komentar: